Flashback Foramen | Mengenal Tato Dari Segi Kesehatan


Eh, Bro Ical, nanya deh, betewe, waktu ane ada di Bali nih, banyak banget tuh liat orang2 bertato, bahkan bisa dibilang banyak banget tuh toko-toko yang menyediakan jasa pembuatan tato. Nah, gua masih bingung nih bro, sebenarnya pemakaian tato itu kan emang secara Islam dilarang nih, tapi secara medis ini gimana bro, tanggapannya?? Kira-kira ada ga sih bahayanya buat kesehatan?





Hmm.. aku coba terangkan dulu ya Bro Rasyid, jadi sebenarnya tato itu merupakan tanda permanen atau semacam desain gitu yang ditaruh di kulit kita melalui sebuah zat gitu, ya, semacam pigmen ato tinta gitu lah. Nah, tinta itu ditempel gitu lah di jarum, dan dikerjakan dengan bantuan mesin. Ya, serupa mesin jahit gitu lah, mekanisme dari mesin tato itu. Tapi, terkadang ini bro, pemakaian tato ini tidak menggunakan anestesi, istilah awamnya dibius gitu. Jadinya, bisa bikin nyeri toh, bro?

Iya2 sih.. kira2 ada lagi ga efek medis dari pemakaian tato?

Banyak sih bro, terutama kalo kita pake jarumnya itu ga steril. Gini nih efek samping medis dari pemakaian tato.
1.     Efek alergi, ya, kadang ada bahan2 yang terkandung di tinta itu yang bisa menyebabkan reaksi alergi. Sebelumnya, ku kasih tau dulu kalo alergi ini adalah efek berlebihan dari sistem kekebalan tubuh kita yang merespon atas zat-zat yang baru masuk. Biasanya sih, dapet terlihat tanda kemerahan di daerah sekitar tato, dan di daerah itu juga kadang bisa aja terasa gatel2 gitu.. 
2.     Infeksi kulit, nah, biasanya terjadi karena adanya tadi kalo tidak steril jarumnya, sehingga bakteri dengan mudah masuk melalui kulit, sehingga tadi, infeksi. Biasanya sih ada tanda-tanda macam ada pembengkakan, kemerahan, sakit, dan ada keluar semacam nanah gitu.


3.      Pada pemakaian tato sih, bisa aja muncul sebuah peninggian area gitu, yang disebut dengan keloid yang akan muncul di daerah tato, dan terjadi karena pembentukan jaringan parut yang berlebihan. Jaringan parut ini bro, normalnya terbentuk ketika kita mengalami cedera, dan digunakan untuk penyembuhan gitu lah. Kalo berlebihan kan ga enak juga, ga tampan kan kita.

5.     Karena tato ini kan zat pembuatnya bisa aja muncul di darah, bisa aja nih menimbulkan terjadinya penyakit oleh pembuluh darah, seperti Hepatitis B, Hepatitis C, dan Tetanus. Kan ga enak juga, kita habis tato taunya masuk rumah sakit dan tau2 udah kena aja Hepatitis. Atau bayangin aja kita tato-an, terus tiba-tiba kejang-kejang gitu, kan ga asik jadinya. Bisa aja kita kena HIV, ato TB,

6.     Pada pemeriksaan MRI ato radiologis tertentu gitu, malah tambah parah dia bro. Bisa2 malah mengurangi kualitas gambar, kan ga enak juga ntar kalo kita sakit, terus nentuin diagnosisnya malah salah2.

Wah, parah juga ya bro, berarti efek sampingnya.. Nah, mungkin bagi yang mau pakai tato nih, kira2 ada ga solusinya supaya bisa mengurangi efek yang tadi sudah ente sebutkan tadi??

Mmm.. yang jelas sih, kita harus memilih tempat tukang tato yang sudah bersertifikasi dan tentu saja dipastikan steril. Intinya, ada beberapa hal yang diperhatikan.

1.     Pastikan tempat pembuatan tato tersebut sudah tersertifikasi dan telah memenuhi standar kesehatan dan tentu saja, steril, se-steril dokter gigi ato kalo mau lebih greget lagi, di kamar operasi tuh.
2.     Pastikan ke tukang tato itu bahwa jarum yang dipakai masih baru dan tentu saja steril
3.     Periksa apakah tukang tato itu menggunakan sarung tangan steril?
4.     Periksa juga apakah tukangnya menggunakan alkohol untuk mensterilkan bagian kulit yang akan ditato
5.     Tato yang masih fresh harus terlebih dahulu dibalut dengan kapas steril, dan pastikan tukang tatonya memberikan instruksi tertentu setelah pemakaian.

Oh gitu.. bener sih, kalo kita ga steril dalam penggunaan tato, bisa-bisa malah kita kena akibatnya lagi. 

Tapi, sayang aja sih Bro Rasyid, masih banyak jasa pembuatan tato yang mengabaikan sterilitas, atau kebersihan dari tempatnya, jadinya kan malah bahaya.

Nah bener itu, betewe, kira-kira, untuk pemakai tato nih, apabila sudah jadi tato di tubuhnya itu, apa yang akan kita lakukan?

Begini nih bro, tips bagi kita yang sudah memakai tato, untuk menjaga kebersihan tato kita
1.     Biasanya tuh, tukang tato tadi akan ngasih perban di tato kita, nah, kita keluarkan perban itu setelah 24 jam, nah, setelah itu kita oleskan salep antibiotik supaya sembuh
2.     Selalu menjaga kebersihan dari daerah kulit yang ditato. Gunakan sabun dan air, sentuh secara lembut
3.     Gunakan pelembab
4.     Hindari paparan cahaya matahari selama beberapa minggu
5.     Usahakan jangan berenang sampai sakit karena tato tadi itu sembuh
6.     Gunakan pakaian dengan hati-hati, usahakan jangan pakai pakaian yang mudah menempel di tatonya

Wah, ribet juga nih bro, berarti ya buat menato itu. Kira-kira, kan ada tuh yang bosen sama tatonya ato merasa bersalah karena tato,apalagi buat yang Muslim nih.. kan, mereka ga tau kalo tato itu dosa, pas udah tau, mau dihapus tuh. Kira-kira, gimana ya cara kita menghapusnya?

Seperti yang udah kubilang sebelumnya, kalo tato itu tadi adalah kita memasukan tinta kita ke bawah kulit dengan proses yang mirip dengan kita menjahit, jadinya untuk menghapus tato itu ga semudah menghapus coretan di papan tulis aja dong. Proses penghapusan tato itu benar-benar mahal, dan menghabiskan waktu, karena makan waktu yang cukup lama, dan harus berkali-kali juga kita ini ke dokter spesialis kulit. 

Jadi, proses penghapusan tato itu kira-kira menggunakan laser gitu yang bakal merusak pigmen ato tinta yang menjadi tato tadi di tubuh kita, dan itu bakal dihancurkan terus diserap ke seluruh tubuh. Tapi, untuk bisa hancur itu bakal makan waktu yang sangat lama, bayangin aja kalo yang ditato hampir seluruh tubuh, kan jadinya lama banget itu.

Waduh lama juga ya, Bro Ical!! Berarti, kita emang harus pikir panjang dulu nih kalo mau tato. 

Yup, THINK BEFORE YOU INK!!

Okedeh bro. Thanks banget nih, bermanfaat. Udah, mau istirahat dulu, habis beres-beres nih

Source :



Ajang "Flashback Foramen" sendiri adalah ajang dimana gue mencoba mengembalikan beberapa tulisan yang pernah gue rilis sebelumnya di blog kesehatan gue bertajuk "Dokter Foramen" yang sekarang sudah susah diurus lagi untuk comebacknya. Jadinya, beberapa tulisan yang pernah gue bikin sebelumnya, gue rilis aja di sini. Sekalian untuk mencoba melihat apakah gaya blog tersebut asik atau enggak, menurut teman-teman pembaca semua. Selamat datang kembali! Masih ada beberapa tulisan yang mungkin bisa diperbarui atau bagaimana, karena seperti biasa, ilmu kesehatan tentu saja guidelinenya selalu update.

Comments

  1. Yg namanya urusan dg kulit tubuh tentu harus steril agar tidak terjadi infeksi. Sudahlah ribet tata caranya, menanggung sakit, trus dihilangin juga susah mending tidak usah menato badan ya.

    ReplyDelete
  2. Ternyata dari sisi medis lumayan ribet dan berisiko juga, ya, urusan tato ini. Kalau menurut Islam jelas dilarang, tapi kalau bagi non muslim, bener banget tuh, think before you ink!

    ReplyDelete
  3. aku sih bacanya asik asik aja, karena gak kayak baca jurnal kesehatan gitu, nyantai tapi dapet pesannya.
    Soal tatto, ternyata banyakan resikonya ya daripada manfaatnya, palingan manfaatnya cuma dibilang keren aja. Tapi buat orang-orang yang sudah hobby, resiko itu pasti sudah mereka antisipasi dengan baik...

    ReplyDelete
  4. Yg paling ngeri kalau bikin tatto di tempat yang gak steril, penyakit apa aja tu yg bisa nular ya sereeeeemmm...
    Iya proses penghapusan tato mahal. Belakangan sih denger ada relawan2 gtu yang menyediakan tenaga menghapus tato. Sebelum makai tato emang sebaiknya mikir2 dulu, apalagi buat yang muslim... TFS

    ReplyDelete
  5. Aduh, aku termasuk yg gampang punya keloid,luka dikit keloid, bener banget bikin estetika berkurang. Hehehe

    ReplyDelete
  6. Aku kena nyamuk aja ngomel, gak ada kepikiran lah buat tato, mana gak boleh jg kan di Islam. Kalau hena gitu sih oke

    ReplyDelete
  7. Dari dulu gemes banget pengen tatto-an tapi aku takut jarumnya hahaha... Wah perawatan tatto lumayan ribet juga sih yaaa

    ReplyDelete
  8. Eh kok ngeri ya tato2an ini haha... aku baru tau kemaren layanan removal tatoo mahals. Seukuran KTP aja beberapa juta dan ga bisa sekali hilang. Wadah

    ReplyDelete
  9. mengapa harus bertato..?
    melihat permukaan kulit yang dicoret2 saja sudah risih, hehe

    ReplyDelete
  10. Suka liat cowo tatoan, tapi kalo udah tau kaya gini sakitnya kok masih pada minat ya. Ga kasian apa sama kulitnya. Huhu

    ReplyDelete
  11. Suka liat cowo tatoan, tapi kalo udah tau kaya gini sakitnya kok masih pada minat ya. Ga kasian apa sama kulitnya. Huhu

    ReplyDelete
  12. Wooh, iya ya, malah bs keloid ya, kl orgnya ada bakat. Malah ga enak ngeliatnya hehe.

    So far blm kepikiran buat tattoo, males sakitnya juga haha.

    ReplyDelete
  13. Think before you ink! Ngena banget, deh.
    Kadang aku juga heran sih, kenapa musti mentato dir sendiri....
    Kan menyakiti diri sendiri juga.
    Beberapa manusia memang aneh dan cari sakit.
    haduh... haduh... haduh...

    ReplyDelete
  14. Serem memang sih ya tato itu baru ngeh kalo di bawah kulit. Tapi memang sekarang tato bisa dihapus dengan laser ya, jadi ada pilihan sebagai solusi. Kalo saya sih udah ngeri duluan sakit kayaknya

    ReplyDelete
  15. Banyak juga efek negatif dari tato. Kenapa banyak yang suka buat tato ...kan sakit. Mungkin supaya terlihat keren ya...hihihi Apalagi kalau sampai merusak kulit hiii ...

    ReplyDelete
  16. Duh, aku dulu sempat mau nato di kaki. Kayaknya kan keren babget gitu. Cuma baca ini langsung bersyukurlah. Untung gak jadi nato dulu itu

    ReplyDelete
  17. Bener ini selain kebersihannya juga gambarnya, jangan sampai nyesel terus dihapus malah ngerusak kulit aja. Aku dulu sempet punya kepinginan nato sih kayanya keren tapi kan gaboleh yaudah temporer aja udah bahagia wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  18. MashaAllah,
    Penjelasannya humble sekalii...

    Semoga banyak orang yang memikirkan dahulu sebelum melakukan sesuatu.

    THINK BEFORE YOU INK

    ReplyDelete
  19. Aduuhh, nyeremin banger efek tato tato gituuuu


    Huuhu

    ReplyDelete
  20. Ngeri banget ya. Mending jangan bikin tato teh, daripada penyakitan

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih telah mengunjungi blog pribadi saya. Jika suka, jangan sungkan-sungkan lho untuk berkomentar. Salam kenal!

Popular posts from this blog

Nge-Diss dalam Hip-Hop (#PikiranGue Ep. 1)

Apakah Eminem Layak Menjadi "King Of Hip Hop"?

Giveaway Buku Penjara Farhan! (Blog Competition)