Posts

Showing posts from June, 2018

Flashback Foramen | Mengenal Tato Dari Segi Kesehatan

Image
Eh, Bro Ical, nanya deh, betewe, waktu ane ada di Bali nih, banyak banget tuh liat orang2 bertato, bahkan bisa dibilang banyak banget tuh toko-toko yang menyediakan jasa pembuatan tato. Nah, gua masih bingung nih bro, sebenarnya pemakaian tato itu kan emang secara Islam dilarang nih, tapi secara medis ini gimana bro, tanggapannya?? Kira-kira ada ga sih bahayanya buat kesehatan?



Hmm.. aku coba terangkan dulu ya Bro Rasyid, jadi sebenarnya tato itu merupakan tanda permanen atau semacam desain gitu yang ditaruh di kulit kita melalui sebuah zat gitu, ya, semacam pigmen ato tinta gitu lah. Nah, tinta itu ditempel gitu lah di jarum, dan dikerjakan dengan bantuan mesin. Ya, serupa mesin jahit gitu lah, mekanisme dari mesin tato itu. Tapi, terkadang ini bro, pemakaian tato ini tidak menggunakan anestesi, istilah awamnya dibius gitu. Jadinya, bisa bikin nyeri toh, bro?
Iya2 sih.. kira2 ada lagi ga efek medis dari pemakaian tato?
Banyak sih bro, terutama kalo kita pake jarumnya itu ga steril. Gini…

Membayar Hutang Lama

Image
6 Juni 2018, 11:29 a.m (GMT+7)

Baru beberapa jam lalu, lebih tepatnya malam kemarin, hasil UKMPPD alias Ujian Kompetensi untuk Mahasiswa Kedokteran (sebenarnya, gue ga tau kepanjangan aslinya dan bukan urusan gue sebenarnya, ga masuk soal juga toh) untuk peserta yang mengambil bulan Mei 2018 baru saja keluar, cukup banyak teman gue yang ngambil kala itu. Sedangkan, gue sendiri akan mengambil bulan Agustus 2018. Ya, tolong doakan gue, karena ini adalah ujian yang akan menjadi penentu apakah gue layak mendapatkan gelar Dokter atau tidak, kelak. Tentu saja dong, gue ingin berhasil, meskipun gue masih ragu apakah kelak benar-benar akan jadi dokter atau enggak.

Tapi, ya, tetep aja sih, berhubung gue sudah masuk FK (Fakultas Kedokteran), gue ga boleh keluar dengan seenaknya aja, udah capek-capek usaha yang dikeluarkan, entah itu dalam fisik, mental bahkan sampai ke finansial sekalipun. Ya, kuliah di Kedokteran itu mahal betewe, dan harus punya passion kuat untuk tamat dan belajar supaya lul…