MOMEN KLASIK : Lirik "Control" yang Memanaskan Skena Hip-Hop Amerika

14 Agustus 2013


Tanggal itu merupakan tanggal bersejarah bagi Hip-Hop (of course lah, gue taruh di CLASSIC MOMENT, kalo ga, ya ga bakal sih). Yup, pada saat itu, gue lagi bener-bener ga sabar nunggu Eminem ngedrop album terbarunya, yang kelak diberi judul Marshall Mathers LP 2, dan ketika gue sempat mencoba daftar jadi admin Eminem Indonesia sehingga ketka itu gue mencari berita-berita tentang Eminem.

Tanggal itu juga ketika gue lagi ngevibe sama single ini. Anwyay, ini salah satu single favorit gue di tahun 2013. Asik aja sih lagunya!


(postingan ini kok tiba2 jadi ngewota ya?)

Dan, tanggal 14 Agustus 2013 ini di dunia hip-hop, karena waktu itu emang lagi hype2nya orang membahas album Big Sean yang judulnya "Hall Of Fame", dan pada tanggal itu, bocor sebuah single berjudul "Control", dimana Big Sean berkolaborasi dengan Kendrick Lamar dan Jay Electronica.

Sontak, single ini jadi bahan pembicaraan bagi seluruh fans hip-hop di seluruh dunia. Bukan karena artis primernya, yaitu Big Sean. Tetapi gara-gara kolaboratornya yaitu Kendrick Lamar. Kendrick sendiri tampil di verse kedua dari lagu tersebut, dan seketika skena Hip-Hop di Amerika langsung terguncang dengan munculnya verse tersebut. Kira-kira apa yang membuat skena Hip-Hop terguncang? Dan kenapa bisa? Berikut akan saya paparkan liriknya dalam video YouTube.


Got it? Got it?

Jika belum dapat mari saya coba jelaskan dengan rinci, terimakasih juga atas bantuan dari situs Genius tentang beberapa penjelasan liriknya.

Pada bagian awal dari lirik tersebut. Kendrick seperti menyindir tentang kebiasaan rapper-rapper di generasinya yang sering ngerap dengan membahas tema yang generik dengan lirik yang relatif membosankan. Pada line

"Miscellaneous minds are never explaining their minds"

Di line setelahnya Kendrick juga menyebutkan bahwa meski kebanyakan rapper membahas tentang tema-tema yang membuat orang semacam ngefly ke musiknya. Kendrick mulai menyatakan bahwa musik rap dia lebih dari itu, sehingga dia semacam membujuk pendengar rapnya untuk lebih condong ke musiknya, ketimbang musik yang lain. Yup, disampaikan pada line

"Bitch, everything i rap is a quarter piece to your melon
So if you have a relapse, just relax and pop in my disc
Don't you pop me no fucking pill, I'ma pop you and give you this
"

Anyway, dari statement di atas saja, Kendrick sudah memberikan ancaman baik itu ke teman sesama rapper bahkan ke pendengarnya. Dan, itu baru hanya intro ke verse dia!

Sekarang, kita mulai ke verse dia. Kendrick sekali lagi menyebutkan kalo kelak verse dia ini akan memberikan bahaya buat hip-hop. Dan, tentu saja akan menyerang rapper yang liriknya masih kacangan dengan tema yang ga sesuai. Hal itu ditunjukkan pada part:

"Tell Flex to drop a bomb on this shit
So many bombs, ring the alarm like Vietnam on this shit

So many bombs, make Farrakhan think that Saddam in this bitch
One at a time, I line them up
And bomb on they mom while she watching the kids
"

Kendrick juga menjelaskan di verse ini bahwa dia berada pada posisi penting di Hip-Hop ketika dia ngomong "I'm important like the Pope", dan tentu saja berbeda dengan rapper kebanyakan, you know, ketika itu di skena Hip-Hop barat, sering ngebahas tentang perempuan, uang, obat terlarang, intinya negatif lah, pada bagian "I'm a Muslim on pork".

Verse Kendrick di Control semakin bertambah panas ketika dia ngomong

"I'm Makaveli's offspring, I'm the King of New York
King of the Coast, one hand, I juggle them both
The juggernaut's all in your jugular, you take me for jokes
"

Yup. Mungkin banyak yang belum tahu kalo Kendrick sendiri berasal dari Compton, California atau lebih tepatnya di West Coast. Dan, dia merupakan rapper yang disebut sebagai titisan dari legenda West Coast, Tupac Shakur (emang bener sih). Ketika Kendrick juga turut menasbihkan diri sebagai King of New York, rapper New York lainnya pada protes bahkan kaget, sampe P Diddy ngepost beginian.


Bahkan di verse ini

"If Phil Jackson came back, still no coaching me
I'm uncoachable, I'm unsociable, fuck y'all clubs
Fuck y'all pictures, your Instagram can gobble these nuts
"

Kendrick bahkan menegaskan kalo dalam verse ini dia sangat liar bahkan seorang manajer basket sekeren Phil Jackson pun mungkin masih susah buat mentorin dia (in case, Phil Jackson itu terkenal sebagai manajer yang sukses menjadi mentor buat pemain basket yang terkenal sangar bahkan susah dilatih). Kendrick juga menjelaskan bahwa dia tidak peduli dengan sosial media, or at least, dia tidak seperti beberapa rapper yang kerap menggunakan sosial media secara percuma, or mungkin bagi kebanyakan orang, buat baperan.

Kelak, di line berikutnya Kendrick juga menjelaskan kalo dia tidak takut buat diancam ato didiss oleh rapper siapapun, karena "... Bitch i've been jumped before you put a gun on me"

Kendrick juga menyebutkan bahwa rapper-rapper ini telah banyak "sold-out" ke mainstream, dan ujung-ujungnya menjadi rapper berbahaya tentu dengan menggunakan referensi Transformer, dimana Kendrick menyebutkan rapper-rapper kebanyakan bertingkah bagai Decepticon yang memberikan efek negatif ke Hip-Hop pada line "I've seen niggas transform like villain Decepticons"/

Setelah line tersebut, muncul line yang mulai membuat suasana rap game semakin panas ketika itu. 

"I heard the barbershops be in great debates all the time
Bout who's the best MC? Kendrick, Jigga and Nas
Eminem, Andre 3000, the rest of y'all
New niggas just new niggas, don't get involved"

Yup, pertama Kendrick menamakan dirinya sebagai THE BEST MC!!! Dan, jika kita melihat dari urutan, bahkan mendahului rapper yang sudah punya legacy yang besar, seperti keempat rapper yang disebut namanya diatas tadi. Bahkan Kendrick sendiri menghindari rapper-rapper yang baru muncul untuk menamakan dirinya sebagai THE BEST MC, atau THE GOD, atau THE KING. 

Mengacu pada salah satu pasal di Hip-Hop Declaration of Peace, bahwa seseorang tidak boleh menamakan dirinya KING ATAU GOD OF HIP-HOP jika dia sendiri tidak memiliki kontribusi positif. Dan, kita tahu sebelum verse ini keluar, Kendrick merilis dua album (Section 80 dan Good Kid M,A,A,D City) yang sering menjadi bahan perbincangan, dan termasuk dalam kategori klasik.

Dan, line setelahnya Kendrick mulai memberikan ancaman kepada rapper generasi dia. Berikut linenya.

"I'm usually homeboys with the same niggas I'm rhyming with
But this is hip-hop, and them niggas should know what time it is
And that goes for Jermaine Cole, Big K.R.I.T., Wale
Pusha T, Meek Mill, A$AP Rocky, Drake
Big Sean, Jay Electron', Tyler (The Creator), Mac Miller"

Berikut adalah ancaman dari Kendrick terhadap rapper yang disebut namanya diatas

"I got love for you all but I'm tryna murder you niggas
Tryna make sure your core fans never heard of you niggas
They don't wanna hear not one more noun or verb from you niggas"

Pada intinya, meskipun Kendrick merasa dirinya sebagai "The King", tetapi tentu saja masih banyak rapper yang ingin mengambil posisi tersebut. Tentu saja, rapper yang tersebut namanya diatas. Mereka semua memiliki fanbase yang masif, kemampuan lirik dan musik yang asik, serta pencapaian di level mainstream. Dan, Kendrick tentu saja ingin membunuh mereka bahkan ingin supaya kelak "core fans" mereka pun putus dari mereka. Or, let's say HARDCORE FANS!! Fans yang ngefans berat sama dia, sampe kelak si core fans ini tidak mau dengar satupun kata-kata dari rapper tersebut. WOW!!!

Verse Kendrick di lagu "Control" ini memang benar-benar fenomenal dan kontroversial ketika itu. Selain itu, verse ini memang benar-benar mengubah skena hip-hop. Bahkan, kerennya, hanya karena satu verse ini, banyak rapper yang mencoba untuk memberikan respon, entah itu nyerang Kendrick ataupun setuju dengan Kendrick sendiri. Berikut adalah list rappernya, diambil dari Wikipedia sih. Jika ingin dengar tracknya, silahkan search google.

yang ga nampak, silahkan diperbesar saja, fotonya. Pokoknya, ada banyak banget itu yang ngerespon
Ya, meski masih banyak juga rapper yang ngerespon via Twitter. BANYAK BANGET! FOTO DIBAWAH INI SIH CUMA SEBAGIAN AJA!!



Jujur, verse Control ini memang semakin menambah popularitas Kendrick Lamar sebagai seorang rapper. Tetapi, banyak juga yang mengatakan bahwa semenjak Kendrick merilis Control, or let's say Big Sean sih sebenarnya, karena dia yang punya lagu ini, skena Hip-Hop di Amerika mulai semakin diperhitungkan lagi. Ya, meskipun masih banyak rapper dengan lirik kacangan seperti Future atau Young Thug, Tetapi, orang-orang kembali memperhitungkan musik dengan lirik juga loh! Selain itu, banyak kalangan, entah itu pecinta ataupun pelaku, menyatakan bahwa Hip-Hop itu adalah sebuah kompetisi. 

Kendrick seolah memberikan pernyataan di verse Control atau lebih tepatnya pesan bahwa
"Kita memang berteman baik, tetapi ketika di studio, membuat musik, kita semua bermusuhan".

Of course, bermusuhan secara sehat dong. Disinilah, yang saya rasa ada kekurangan dari Hip-Hop Indonesia, saya seolah melihat jiwa kompetisi dari sesama pelaku kurang. Mungkin itu semua berasal dari budaya kita, yang terkesan senang untuk bermonggo2an atau mungkin dari tekanan fans yang tidak tahu apa-apa, or let's say belum tahu. Memang, bukan lagi rahasia bahwa ketika ada satu rapper ngediss rapper lainnya, fansnya membalas dengan pernyataan aneh seperti

"Ah lo emang ngerap beginian mah, ga bisa kali lawan rapper idola gue" (meski dalam hatinya, ngomong, anjir idola gue keserang)..

Yak, verse Control ini juga membawa pengaruh positif ke rapper lainnya. Selain mereka paham arti kompetisi, mereka bahkan membuat album yang keren2 setelah itu. We know Kendrick came up with a masterpiece album called To Pimp A Butterfly. Tapi, rapper lainnya juga kok, contohnya:

J. Cole dengan 2014 Forest Hills Drive
Mac Miller dengan GOOD AM
Big K.R.I.T dengan Cadillactica
Pusha T dengan Darkest Before Dawn
Big Sean dengan Dark Sky Paradise
A$AP Rocky dengan At. Long. Last. A$AP

dan masih banyak rapper lainnya yang ngerilis album keren setelah itu.

So, for me, jika kompetisi atau mungkin sekedar diss track itu bertujuan untuk meningkatkan mutu Hip-Hop Indonesia, apa salahnya kah? Sama kayak kita berlatih tinju, we need competition to be better. Ya, selain juga dengan memberikan pelajaran tentang arti Hip-Hop itu sendiri ke masyarakat, supaya selera para pendengar juga bertambah.

Thank you, Kendrick for the lesson!
Thank you, Big Sean for dropping the song!
Emm.. Jay Electronica? We will thank you later if you drop your first album.

Yup, me signing out! Peace! Close this with dab!




Comments

  1. Full nonsense..Kendrick's fan boy acting like he knows shit bout hip hop. Dude, kendrick is tight.. But he aint no king and certainly ain't a rap god.

    ReplyDelete
    Replies
    1. anyway, thanks for reading my post!
      but, if you just want to criticize, you better show your identity, than just claiming as anonymous..

      i'm actually kind of Logic's fanboy though.. i like his album also, but i think, what Kendrick did to hip-hop is good, and he ain't no king of course, he still needs some more effort to be in that level.

      But, dude, i'm just stating facts, all these posts are taken from Genius. I think, you better check that also :)

      Delete

Post a Comment

Terimakasih telah mengunjungi blog pribadi saya. Jika suka, jangan sungkan-sungkan lho untuk berkomentar. Salam kenal!

Popular posts from this blog

Nge-Diss dalam Hip-Hop (#PikiranGue Ep. 1)

Apakah Eminem Layak Menjadi "King Of Hip Hop"?

Giveaway Buku Penjara Farhan! (Blog Competition)