TOP 10 HIP-HOP ALBUMS IN 2015

First of all, SELAMAT TAHUN BARU 2016!!

Tahun 2015 ini bisa dibilang sebagai tahun terbaik bagi penikmat musik hip-hop, karena banyak sekali hal-hal signifikan, dan tentu saja, cukup banyak album yang menurutku keren banget! Baik dari artis muda seperti Joey Bada$$, Earl Sweatshirt, Vince Staples sampai ke artis legendaris, seperti Dr. Dre, Scarface, Young Jeezy, Public Enemy dan Raekwon. Jujur, untuk pilih 10 album hip-hop terbaik bagi saya, cukup sulit.. Bahkan, saya sampai belum dengar beberapa album ketika postingan ini dibuat, karena belum ada kesempatan dan malas juga sih, wkwkwk..

Jadi, ada beberapa album yang tidak masuk list karena saya belum sempat dengar atau ga belum sampai setengahnya atau malah baru tahu kalo album ini kata orang-orang, bagus, seperti:

Scarface - Deeply Rooted
TUT - Preacher's Son (banyak fans hip-hop yang bilang album ini keren banget!)
The Underachievers - Evermore : The Art of Duality
Skyzoo - Music For My Friends
Oddisee - The Good Fight
Omen - Elephant Eyes

Tenang, akan saya coba download di tahun 2016 kelak. hehe..

Baiklah! sebelum kita masuk di Top 10 Hip-Hop Albums in 2015, alangkah baiknya kita buka dulu album yang punya potensial buat masuk di Top 10, tapi harus berakhir di Honorable Mention (ini ga berurutan)

1. Lupe Fiasco - Tetsuo & Youth
2. Vince Staples - Summertime '06
3. Freddie Gibbs - Shadow Of A Doubt
4. Earl Sweatshirt - I Don't Like Shit, I Don't Go Outside
5. Fashawn - The Ecology
6. Donnie Trumpet and The Social Experiment - Surf
7. Mac Miller - Good A.M

Sekarang, saatnya kita menuju ke Top 10, jujur, ini merupakan list yang biased, atau tidak netral, ya, karena list yang bikin saya sendiri.. Ya, jadi ya gimana dong. List Top 10 ini cenderung ke album mana yang sering ku dengar, dan emang secara musik, menarik didengar.. Saatnya, kita mulai, kita count dari 10 ke 1 ya!

10. Dr. Dre - Compton



Album ini merupakan album comeback dan terakhir dari Dr. Dre, setelah 16 tahun tidak merilis album, dan sekian tahun itu pula "membohongi" fans dimana bilang akan merilis album berjudul Detox. Tetapi, pada Agustus 2015 kemarin, Dr. Dre merilis album berjudul Compton, yang terinspirasi dari film hip-hop terbaik di tahun 2015, yang berjudul Straight Outta Compton. Yak, film ini menceritakan tentang perjuangan dari grup Dr. Dre yaitu N.W.A, grup gangsta rap West Coast legendaris dari nol sampai sekarang.

Menurutku, album ini keren dari segi musik, ya, meski tidak sekeren album The Chronic atau 2001, tetapi dari segi musik ini tetap keren, tetap memiliki style Dr. Dre sendiri, seperti dalam hal drum dan bass. Album ini juga memasukkan unsur West Coast, dan tentu saja menceritakan tentang Compton sendiri, dengan kolaborator yang cukup banyak, dari Ice Cube, Xzibit (yo dawg!), THE WHOLE AFTERMATH MEMBER!! (Eminem, Kendrick Lamar, Jon Connor, Justus), ada juga Snoop Dogg dan The Game (kok ga ada YG sama Problem ya, kan albumnya berjudul Compton).

Favorite Tracks :
Talk About It (feat. King Mez and Justus), 
Issues (feat. Ice Cube and Anderson Paak), 
Deep Water (feat. Kendrick Lamar and Justus), 
One Shot One Kill (Jon Connor feat. Snoop Dogg)

9. The Game - The Documentary 2/2.5



Setelah dengan album yang menurut beberapa pihak cenderung medioker, akhirnya The Game kembali lagi dengan sekuel dari debut album klasiknya, yaitu The Documentary 2 dan 2.5 (yang terakhir itu surprise sih), tapi menurutku keduanya keren banget, setidaknya untuk level sekuel album hip-hop, karena beberapa album hip-hop yang sekuel cenderung tidak sebagus albumnya.

Contoh : The Blueprint 2 (Jay-Z), Marshall Mathers LP 2 (Eminem, tolong jangan rilis Eminem Show 2), Food And Liquor 2 (Lupe Fiasco).

Album ini memang banyak banget featuresnya, entah yang versi 2 atau 2.5, tetapi setidaknya orang-orang yang berperan di album ini, punya kerja bagus. The Game seolah memberikan kesan bahwa album ini dia tidak lagi begitu cenderung ke style West Coast, tetapi juga lebih ke menyeluruh, ada beat yang cenderung Boom-Bap East Coast, bahkan yang terkesan Southern, country. Good experiment, brother!

Menurutku, The Documentary 2 lebih bagus dari 2.5 sih..

Favorite tracks :
Part 2 : The Documentary 2 (anyway, ini beatnya DJ Premier), On Me (feat. Kendrick Lamar), Don't Trip (feat. Ice Cube, Dr. Dre, will.i.am), Hashtag (feat. Jelly Roll)
Part 2.5 : Gangbang Anyway (feat. Jay Rock, Schoolboy Q), Quiks Groove (feat. DJ Quik, Sevyn Streeter & Micah)

8. Pusha T - King Push : Darkest Before Dawn (Prelude)



Setelah sukses dengan debut album yang menjanjikan di tahun 2013 yang berjudul My Name Is My Name, rapper Virginia ini kembali dengan album terbaru di 2015 yang menurutku keren banget. Materi dari album ini kebanyakan membahas tentang gangster life, seperti drug dealing, alcohol, dll. Rapper yang baru ini sukses dinobatkan sebagai presiden dari G.O.O.D Music (label yg dibikin Kanye West), membikin album dengan banger yang keren dengan produksi dari berbagai top producer, dari Diddy, Timbaland, Kanye West, bahkan J. Cole juga berperan disana.

Betewe, album ini masih berstatus Prelude, atau intinya masih Intro dari album yang sampai sekarang masih diantisipasi, yaitu King Push. Album Prelude ini aja sudah keren banget baik dari segi beat dan lirik (Pusha T emang top underrated lyricist), dengan flow yang mantap dan catchphrase yang populer, yaitu "YEERGHH", tentu saja antisipasi fans hip-hop terhadap album King Push semakin memuncak. Kita tunggu saja album King Push kelak!

Intinya, album ini merupakan album yang sangat tepat untuk menutup tahun 2015 dan tentu saja menjadikan banyak harapan untuk album hip-hop yang akan dirilis di tahun 2016 kelak

Favorite Tracks :
Intro (sumpah beatnya mantep banget! Top 10 beats di 2015 deh), 
Untouchable, 
Crosses, Crutches, Caskets (ketiga kata tadi satu track ya!), 
Retribution (feat. Kehlani), 
Sunshine (feat. Jill Scott)

7. Travis Scott - Rodeo



Album yang dibikin oleh Rapper asal Houston ini sempat memperoleh vibe yang tinggi banget, gara2 disebut sebagai "debut album yang inspiratif setelah album Kendrick (GKMC)", sayang banget banyak yang tidak begitu suka dengan album ini, termasuk ketika saya dengerin album ini diawal-awal. Tetapi, entah kenapa setelah mencoba denger album ini untuk beberapa kali, jadi doyan banget. Pilihan beatnya asik, dan kolaboratornya keren, ada The Weeknd, Kanye West, sama Justin Bieber (betewe, albumnya keren loh, meski sukses bikin saya cemburu gara2 konser dia di Jepang)

Reason :
yang kenal gue, pasti ngerti.. bakal dijelasin kok, baca aja sampe selesai
Travis Scott ini merupakan tipe pemusik yang cenderung eksperimental, tetapi lagu-lagu yang ada di album Rodeo ini emang banyak yang banger, jujur, banyak lagu yang aku suka dari album ini. Worth lah jika ingin turn up for some reasons.

Favorite Tracks :
Pray 4 Love (feat. The Weeknd), 
Maria I'm Drunk (feat. Justin Bieber and Young Thug), 
Nightcrawler (feat. Swae Lee and Chief Keef), 
Pornography,
3500 (feat. Future and 2 Chainz)

6. Jay Rock - 90059



Album ini dateng dari anggota palingsenior dari TDE, a.k.a Top Dawg Entertainment, yoo.. Rapper2 dari TDE ini memang disebut sebagai rapper terbaik di generasi sekarang, seperti Jay Rock, Schoolboy Q, Ab-Soul, Isaiah Rashad, dan tentu saja Kendrick Lamar, sebagai representasi dari West Coast Hip-Hop.

Jay Rock kembali merilis album setelah sekitar 3-4 tahun lalu, dan menurutku, album ini mantep banget, terutama dari kemampuan lyricism Jay Rock yang menurutku keren banget. Album tersebut juga dibantu oleh teman2 dari TDE sendiri, ditambah dengan Busta Rhymes. Album ini memang dapat vibe dari West Coast, dan tentu saja, judul 90059 ini melambangkan kodepos dari tempat asal Jay Rock, yaitu di Watts.

Album ini juga memperoleh sorotan dari segi marketing karena targetnya yang bagus, yaitu pihak TDE akan merilis album ini jika jumlah pre-order album tersebut di iTunes sudah mencapai angka tertentu. Jadi, aturannya album ini akan dirilis di tahun 2016, tetapi karena preorder, dicepetkan jadi bulan September, tetapi tetap album ini keren banget!

Favorite Tracks :
Easy Bake (feat. Kendrick Lamar and SZA), 
Gumbo, 
Vice City (feat. Black Hippy), 
Telegram (Going Krazy) (feat. Lance Skiiwalker), 
Money Trees Deuce

5. Big K.R.I.T - It's Better This Way



Setelah sukses dengan album Cadillactica yang menurutku keren (betewe, album tersebut masuk Top 5 gue juga di tahun 2014), rapper yang disebut sebagai rapper Southern terbaik di generasi sekarang ini, merilis sebuah mixtape (kalian bisa download gratis kok) yang menurutku tidak mengecewakan, bahkan bisa dibilang, hampir semua track di mixtape ini gue suka banget.

Di album ini, Big KRIT kembali menunjukkan ketajaman dari segi lirik dan beatnya, yang diproduksi oleh dia sendiri. Beat dari album ini cukup beragam, ada yang country, ada yang sedikit trap, bahkan ada yang West Coast malah, tetapi tetap Big KRIT masih menunjukkan konsistensi dari liriknya, dan masih membuat gue menjadikan Big KRIT sebagai my top 3 favorite rapper right now. Worth-listen dan mixtape ini gratis lhoo!!

Favorite Tracks :
86, 
No Static (feat. Warren G), 
Piece On Chain, 
Keep It Boomin', 
King Pt. 4

4. A$AP Rocky - At.Long.Last.A$AP



Setelah muncul dengan album yang cenderung mainstream-appealing, A$AP Rocky kembali dengan album yang cenderung risky, tetapi well-executed. A$AP Rocky kembali perlihatkan sisi eksperimentalnya dengan musik yang cenderung Houston-inspired, dibantu beberapa artis, seperti Future, Kanye West, M.I.A, dan tentu saja album ini merupakan tribute untuk manajer crew A$AP Mob, yaitu A$AP Yams.

Facts : Ada salah satu lagu di sini yang samplenya dari lagu lawas Indonesia.
Long Live A$AP Yams, Long Live A$AP Mob

Favorite Tracks :
Everyday (feat. Miguel, Rod Stewart, Mark Ronson), 
Lord Pretty Flacko Jodye, 
Electric Body (feat. Schoolboy Q), 
L$D

3. Joey Bada$$ - B4.DA.$$



"They say money is the root of evil, i say money is the root for people"

Rapper dari crew Pro Era ini sukses mengawali 2015 dan karir hip-hopnya dengan album yang bagus, Joey memiliki flow dan delivery yang mantep, disertai dengan beat yang mengarah boombap 90s. Meskipun ada yang bilang sebagai 90s imitator, menurutku, album ini well made, ada pesan sosial yang cukup bagus, sama ada lagu yang cukup banger. Betewe, album ini merupakan album yang selalu nemenin gue pas lagi ngambil data skripsi, barengan album YG yang "My Krazy Life" sih.

Betewe, Lupe Fiasco juga bilang album ini harusnya masuk nominasi Grammy 2016 untuk Best Rap Album. Aku juga setuju sih, meski harusnya yang dapet itu Run The Jewels 2, mungkin album ini boleh buat ganti album Pinkprint Nicki Minaj (menurutku, ga layak banget masuk Grammy)

Favorite Tracks :
Teach Me (feat. Kiesza), 
No. 99, 
Hazeus View, 
Paper Trails,
Belly Of The Bease (feat. Chronixx)
Escape 120 (feat. Raury)

2. Logic - The Incredible True Story



"I love hip-hop and I hate hip-hop, cause people that love Pac hope that Drake get shot"

Setelah sukses dengan debut albumnya Under Pressure yang menurutku brilian dari segi lirik dan beat, rapper Maryland ini kembali dengan album sophomore dengan konsep yang unik, yaitu konsep dimana kita mendengarkan album itu dengan suasana kita lagi di kapal luar angkasa, ditemani oleh dua pilot yang ternyata dubber beneran. Album ini juga dilengkapi skit yang menurutku sedikit memaksa.

Meskipun album ini dituding mengambil konsep dari beberapa rapper, seperti Drake, Kanye West, Kendrick Lamar, J. Cole, bahkan Travis Scott, tapi menurutku album ini tetap well-executed dan well-appreciated. Beat dan flownya Logic sangat beragam di album yang sukses menjual 100.000 lebih kopi di minggu pertama (pencapaian LUAR BIASA untuk album Hip-hop)

Di album ini, Logic tidak hanya berperan dalam menulis lirik, tetapi juga ikut dalam production, dan katanya album ini diambil one-take, maksudnya tidak ada lagu yang dibuang di album ini. Keren!

Favorite Tracks : SEMUANYA (selain Intermission, Run It dan Skitnya)

1. Kendrick Lamar - To Pimp A Butterfly



WOOO!!! Album ini udah bener2 predictable banget bakal jadi Best Hip-hop Album of 2015. Ketika orang banyak menanyakan jalur Kendrick setelah sukses menelurkan album Good Kid M.a.a.d City yang bener2 perfect di tahun 2012, Kendrick kembali dengan album yang sukses mengejutkan pihak, karena dirilis pada saat yang tepat, ketika lagi ada kasus rasisme terutama pada orang Kulit Hitam (perhatikan di cover album itu). Di album ini, Kendrick memadukan beberapa genre, seperti jazz, soul, funk, trap, dan banyak lagi, bahkan mengundang artis top di genre tersebut, seperti George Clinton dan Ron Isley (dari Isley Brothers).

Ada banyak alasan kenapa gue suka banget sama album ini, yaitu:

  • Album ini benar-benar kreatif karena album ini tidak hanya melibatkan musik saja, tetapi juga album ini semacam sebuah cerita gitu, yang bener-bener harus dinikmati dari awal sampai akhir.
  • Ada comeback rapper legendaris Tupac Shakur di album ini, dan comebacknya bukan ngasal, bener2 well executed banget. Long Live Tupac!
  • Album ini dirilis tepat 3 hari sebelum ultah member AKB48 favorit saya (clue : doi abis handshake ama Justin Bieber tuh, silahkan scroll atas)
Album ini juga memperoleh rating sangat sempurna bagi reviewer, Metacritic memberikan rating 96 dari 100, dan sukses menjadi album dengan rating tertinggi di Metacritic setelah album OutKast yang Stankonia (95), dan disebut sebagai Illmatic of The Next Generation (gue lebih setuju kalo gelar ini dikasih ke Good Kid M.a.a.d City ketimbang ini).

Album ini juga sukses membawa Kendrick memperoleh nominasi Grammy terbanyak di tahun 2016, dan menjadi rapper dengan nominasi terbanyak di satu Grammy dengan 11 nominasi. Rekor sebelumnya dibikin oleh Eminem dengan 10 nominasi di tahun 2011.

Betewe, akan ada review To Pimp A Butterfly di Kompasiana gue ntar

Favorite Tracks : SEMUANYA!!!

Comments

Popular posts from this blog

Nge-Diss dalam Hip-Hop (#PikiranGue Ep. 1)

Apakah Eminem Layak Menjadi "King Of Hip Hop"?

Cerita Tentang Komitmen