PREDIKSI GRAMMY 2016 (Nominasi Rap)

Tanggal 15 Februari 2016 (kira-kira Hari Selasa Pagi waktu Indonesia) akan jadi tanggal yang penting bagi jutaan fans musik di seluruh dunia, karena akan diadakan malam penghargaan Grammy Awards 2016 (Grammy yang ke-58). Musisi Indonesia, Joey Alexander juga sukses mengukir sejarah dalam Grammy tahun ini, karena menjadi musisi Indonesia pertama yang sukses menembus nominasi Grammy, bahkan sukses peroleh 2 nominasi sekaligus di bidang Musik Jazz

(tetapi, sesuai dengan judul, kita tidak akan membahas tentang Joey Alexander).

Yak, di ketikan kali ini, gue akan kasih prediksi tentang siapa aja yang menurut gue layak menangi Grammy 2016 untuk kategori Rap. Bagi yang belum tahu, ada 4 sub-kategori yang dipertandingkan, yaitu Best Rap Song, Best Rap Performance, Best Rap/Sung Collaboration, dan Best Rap Album. Seperti yang diketahui, Grammy sendiri memiliki hubungan buruk dengan musik Rap, banyak artis yang menurutku keren banget, dan sudah diakui oleh fans hip-hop di seluruh dunia, tetapi belum pernah memenangi satupun Grammy. Contohnya, ada Tupac, Biggie, Nas, KRS-One, Ice Cube, Snoop Dogg, dan masih banyak lagi.



Dan, sekarang saatnya kita bedah nominasi Grammy 2016 dari kategori Rap, disini gue akan masukkan 2 prediksi, karena dua lebih baik daripada satu!

BEST RAP PERFORMANCE

Apparently - J. Cole
Back to Back - Drake
Trap Queen - Fetty Wap
Alright - Kendrick Lamar
All Day - Kanye West feat. Theophilus London, Allan Kingdom, Paul McCartney
Truffle Butter - Nicki Minaj feat. Lil Wayne, Drake

PREDIKSI : 
Trap Queen - Fetty Wap, Drake - Back To Back

Jujur, aku sedikit bingung ngebedain antara Best Rap Performance dan Best Rap Song, mengingat tahun lalu pemenang keduanya itu dari lagu yang sama, yaitu lagu Kendrick Lamar berjudul "i". Tapi, aku sih lebih melihat Best Rap Performance itu penghargaan untuk lagu Rap dengan capaian yang bagus bagi pendengar mainstream. Aku pilih lagu Trap Queen dari Fetty Wap karena lagu ini emang sudah terdengar dimana-mana, dan menurutku cukup menarik jika kita bisa lihat seorang Fetty Wap (yang menurutku harus masuk nominasi untuk Best New Artist di Grammy) bisa menang Grammy, setelah sebelumnya, menang VMA untuk Best New Artist.

Lagu Drake yang Back To Back juga aku pilih karena menurutku ini lagu diss yang mantap, karena mungkin fans hip-hop masih ingat betapa panasnya "beef" antara Drake dan Meek Mill, dimana Meek Mill bertingkah sebagai cabe-cabean dengan nyindir Drake via sosial media (you are not Iggy Azalea, Meek!), sedangkan Drake ngebales dengan cara tradisional dan sehat melalui lagu.

"You love her that you gotta give the world to her, Is that a world tour or your girl's tour?"
"Yeah, trigger fingers turned to Twitter fingers, you gettin' bodied by a singing n***a"

Jika harus milih tambahan nominasi, aku lebih setuju jika dikasih ke Silento - Watch Me atau Blessings yang Big Sean feat. Drake dan Kanye West (WAAAAYYYY!!! I FEEL BLESSED!!).

BEST RAP/SUNG COLLABORATION

One Man Can Change The World - Big Sean feat. Kanye West, John Legend
Glory - Common feat. John Legend
Classic Man - Jidenna feat. Roman GianArthur
These Walls - Kendrick Lamar feat. Anna Wise, Bilal, Thundercat
Only - Nicki Minaj feat. Drake, Lil Wayne, Chris Brown

PREDIKSI:
Glory - Common feat. John Legend, Only - Nicki Minaj feat. Drake, Lil Wayne, Chris Brown

Dari segi kolaborasi, menurutku, memang lagu Glory harus menangi Grammy, alasannya? Lagu ini sukses menangi Oscar tahun lalu dan memang dari segi kolaborasi sudah bagus sih, bayangin rap conscious Common disatukan dengan vokal John Legend yang lumayan lembut, cocok!

Aku juga pertimbangkan lagu Nicki Minaj yang Only karena emang isinya Superpower sih, ada rap dari Nicki, Drake, sama Lil Wayne yang cukup bagus dan dari chart performance juga sudah keren sih. Lagu ini juga nempatin Top 15 di chart Billboard Hot 100, dilengkapi juga dengan Chris Brown, you know lah, Chris Brown itu gimana. Cukup menarik juga lihat Nicki Minaj menangi Grammy pertamanya, setelah nominasi berkali-kali

Jika nominasi harus ditambah, lebih cocok lagi jika ada lagu Travis Scott feat. The Weeknd yang Pray For Love, atau lagu Meek Mill feat. Nicki Minaj dan Chris Brown yang All Eyes On You. Alasannya, lagu Pray For Love emang salah satu Top 20 lagu rap gua tahun ini, dan All Eyes On You merupakan lagu yang romantis dari pasangan hip-hop terlaris 2015 (you know, Meek Mill dan Nicki Minaj kan pacaran)

BEST RAP SONG

All Day - Kanye West feat Theophilus London, Allan Kingdom, Paul McCartney
Alright - Kendrick Lamar
Energy - Drake
Glory - Common feat. John Legend
Trap Queen - Fetty Wap

PREDIKSI :
Alright - Kendrick Lamar, Glory - Common feat. John Legend

Alasan simpelnya adalah karena lagu Alright dari Kendrick Lamar ini juga masuk nominasi Song Of The Year di Grammy tahun ini, selain itu juga lagu ini juga merupakan lagu yang sering jadi theme song buat protes, terutama kali ini kan lagi marak-maraknya kasus isu rasisme, lagu ini sering digunakan sebagai theme song, maksudnya diteriakin gitu lhoo..

"WE GON BE ALRIGHT!! WE GON BE ALRIGHT!! WE GON BE ALRIGHT!!"

Lagu Glory dari Common dan John Legend juga layak dipertimbangkan atas dasar yang sama juga sih, tadi selain karena menang Oscar untuk Best Original Song, ya lagu ini merupakan lagu motivasi untuk para kaum kulit hitam, dan selain itu juga instrumental dari lagu ini asik.

BEST RAP ALBUM

2014 Forest Hills Drive - J. Cole
Compton - Dr. Dre
If You're Reading This, It's Too Late - Drake
The Pinkprint - Nicki Minaj
To Pimp A Butterfly - Kendrick Lamar

PREDIKSI:
To Pimp A Butterfly - Kendrick Lamar, 2014 Forest Hills Drive - J. Cole

Sebenarnya, untuk memprediksi pemenang Best Rap Album jauh lebih gampang ketimbang tahun lalu. Jujur, aku awalnya tahun lalu prediksi album Schoolboy Q atau Childish Gambino yang malah menang, Tapi, tahun ini sepertinya sudah obvious banget sih, pasti yang menang adalah album Kendrick yang To Pimp A Butterfly. Album ini merupakan album terbaik tahun 2015, masuk nominasi Album Of The Year di Grammy tahun ini. Anyway, biasanya jika ada satu album rap masuk nominasi Album Of The Year di Grammy, biasanya pasti bakal menang Best Rap Album. Percayalah!

Jika memang Grammy kejam, harusnya dikasih ke Drake yang If You're Reading This It's Too Late, karena album ini laku tetapi mudah dilupakan sih, sehingga lebih cocok untuk diberikan ke album J. Cole yang 2014 Forest Hills Drive, karena menurutku album ini emang semacam proof kalo J. Cole is not over, and he still can spit some incredible bars and make good music.

Jika harus ditambah nominasi, alangkah lebih baik jika diberikan ke album Run The Jewels yang RTJ2, atau album A$AP Rocky yang At. Long. Last. A$AP

Comments

Popular posts from this blog

Nge-Diss dalam Hip-Hop (#PikiranGue Ep. 1)

Apakah Eminem Layak Menjadi "King Of Hip Hop"?

YouTube Lawan Televisi (#CurhatGue ep. 03)