Apakah Eminem Layak Menjadi "King Of Hip Hop"?

Hello semua! Farhan disini bersama ketikannya!

Saya akan mengetik tentang hip-hop sekarang, dan akan bahas tentang Eminem. Yak, fans hip-hop Indonesia atau setidaknya teman-teman pasti taulah ya tentang Eminem. Banyak yang bilang Eminem itu sebagai Rap God, ya gara-gara lagu Rap God. Banyak juga yang bilang Eminem rapper terbaik yang pernah ada. Tapi, setidaknya Eminem bisa dibilang rapper paling terkenal lah di Indonesia sampai ada fanpagenya kok, yuk kunjungi ke Eminem Indonesia.

Yang akan dibahas di ketikan ini adalah "Apakah Eminem layak menjadi King Of Hip-Hop?"

sumber : google (tapi, lupa deng, ini udah comotan lama)
Yak, pertanyaan ini sering banget jadi pembahasan bagi fans-fans hip-hop di Amerika sana, layak ga sih Eminem jadi King Of Hip-Hop? Bahkan, salah satu platform Hip-Hop di Youtube, VladTV jadiin pertanyaan itu sebagai pertanyaan yang agak frekuen ditanyakan kepada narasumber. Tentunya, ada beberapa narasumber yang menjawab iya, ada juga yang menjawab enggak.

Disini, saya mau ngasih cerita dulu. Eminem adalah musisi pertama yang mengenalkan musik hip-hop ke saya, kira-kira sejak tahun 2010 lah. Waktu album Recovery keluar, sampai download seluruh tracknya, dan bener2 menikmati isi track tersebut, sampe cari liriknya lho di google. Dan, sampe sekarang, jika kalian nanyain siapa "TOP 10 RAPPER" saya, mungkin Eminem berada di salah satunya. Tapi, saya masih ragu untuk menjawab pertanyaan "Apakah Eminem Layak Menjadi King of Hip-Hop?", Hingga, saya memutuskan untuk melihat beberapa literatur dan mencari teks wawancara dari tokoh-tokoh yang punya peran di musik hip-hop sekarang ini, seperti dari rapper senior, jurnalis hip-hop, dan penyiar radio hip-hop.

Selain itu, saya coba tanyakan ke teman-teman yang tergabung dalam group Facebook Eminem Indonesia. Kebetulan ada sekitar 4 yang memberikan jawaban yang menurutku masuk akal dan bisa ku jadikan argumen untuk pertanyaan tersebut. Berikut ini jawabannya! (semua ini hasil screenshot saya, dan sudah dapet izin kok)

Jawaban 1
Jawaban 2
Jawaban 3
Jawaban 4
Yak, dari jawaban disini, saya melihat ada 3 orang yang menjawab setuju, dan 1 orang menjawab tidak setuju. Setelah melihat beberapa wawancara dan diskusi dari forum hip-hop dan channel hip-hop. Saya bisa dibilang antara Setuju dan Tidak Setuju jika Eminem itu adalah King of Hip-Hop. Tetapi, saya lebih condong ke Tidak Setuju. Alasannya akan saya sampaikan via poin-poin dibawah ini 

SETUJU, disini pendapat saya diwakilkan oleh Jawaban 2 dari bro Frans Herman. Eminem itu bisa dibilang sebagai ikon Hip-Hop, setara dengan Michael Jackson di musik Pop, atau The Beatles di musik Rock n Roll. Ketika kita bicara ke teman-teman tentang Hip-Hop, pasti rapper yang pertama kali dia tahu minimal Eminem. Bahkan, di Indonesia, rapper yang konsisten ngechart di musik Indonesia itu Eminem sebagai artis utama, bukan featured artist. Rapper top yang lain jarang konsisten di chart musik Indonesia. Jay Z jarang, Kanye West juga jarang, bahkan yang disebut sebagai New King ini, Kendrick Lamar juga baru sekali masuk chart (itu juga gara-gara featured di lagu Taylor Swift doang sih). 

Hal ini juga didukung dari penjualan sales yang memadai. Eminem sendiri sudah menjual 2 albumnya (Marshall Mathers LP dan Eminem Show) di atas angka 10 juta di Amerika Serikat (jarang ada rapper yang nyampe angka segitu), belum lagi total penjualan single dia, yang juga melimpah ruah. Selain itu, Eminem juga masih bikin musik sampai sekarang (sesuai dengan Jawaban 3 oleh bro Gbrandrap, siap-siap ya ada review mixtape dia!), bahkan 3 tahun terakhir ini, sudah ngerilis 3 album lho! Ada Marshall Mathers LP 2 (2013), SHADYXV (2014), dan Southpaw OST (2015), jarang lho ada rapper yang bisa melakukan hal tersebut. Tetapi, saya masih merasa tidak setuju dengan hal tersebut.

Eminem juga keren nih dari segi hasil penjualan minggu pertama, bahkan album Marshall Mathers LP 2 jadi album terlaris paling cepat dalam minggu pertama, sebanyak 1,7 juta kopi di minggu pertama! Ini nih, daftarnya!

Ini hasil penjualan minggu pertama dari album Eminem!
Sumber : Group Facebook Eminem Indonesia (dishare oleh Shady Marshall St)
Rekapnya adalah:
1. Marshall Mathers LP - 1,76 juta kopi di minggu pertama
2. Eminem Show - 1,32 juta kopi di minggu pertama
3. Marshall Mathers LP 2 - 792 ribu kopi di minggu pertama
4. Recovery - 741 ribu kopi di minggu pertama
5. Encore - 710 ribu kopi di minggu pertama
6. Relapse - 608 ribu kopi di minggu pertama
7. Slim Shady LP - 283 ribu kopi di minggu pertama

Selain itu, Eminem juga banyak membuat komunitas yang cenderung minor dalam dunia hip-hop (komunitas kulit putih), menjadi bisa mengapresiasi hip-hop lebih bagus lagi, apalagi Eminem memang memiliki kemampuan luar biasa dalam hal lirik. Jadi, mereka bisa menghafal lirik Eminem, dan bisa juga membawakannya dalam beberapa kesempatan.

TIDAK SETUJU, saya sangat setuju dengan Jawaban 4 dari bro Hedrian Purdianto. Meskipun, Eminem bisa dibilang ikon dari musik Hip-Hop, tapi dia sendiri menurutku bukanlah King Of Hip-Hop. Sebelumnya, mari kita pahami dulu definisi King/Raja menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

raja /ra.ja/ (n)
1. penguasa tertinggi pada suaru kerajaan (dari warisan)
2. kepala daerah istimewa, kepala suku, sultan
3. sebutan untuk penguasa tertinggi dari suatu kerajaan
4. orang yang besar kekuasaannya (pengaruhnya) di suatu lingkungan (perusahaan)
5. orang yang mempunyai keistimewaan khusus (sifat, kepandaian)

Dari definisi ini, saya akan menggunakan definisi 4 dan 5 untuk menguatkan argumen saya.

Definisi 5 : orang yang mempunyai keistimewaan khusus (sifat, kepandaian)

Eminem memang bisa dibilang memiliki keistimewaan khusus, dia kulit putih dan tentu saja bisa ngerap, dan punya 3 album dengan rating yang tinggi, yaitu Slim Shady LP, Marshall Mathers LP, dan Eminem Show. Tetapi, album-album terbarunya ini memiliki rating rendah. Eminem juga akhir-akhir ini tidak bagus dalam hal pemilihan beat, atau yang dikenal dengan background music. Bahkan album-album terakhirnya ini dihitung dari Relapse (2009) sampai SHADYXV (2014) dapet rating jelek di beberapa review terpercaya (kira-kira sampai 50-60 gitu). Padahal, dari segi sales, album ini laris banget terjual diatas 1 juta kopi. Tapi, ya, sekali lagi, NUMBERS DO LIE (ga hanya kaset yang dijual di gerai ayam goreng aja sih). Kesimpulan dari sini adalah Eminem sudah tidak memiliki kepandaian dalam mengatur beat untuk musik hip-hop yang inovatif, hanya menggunakan beat medioker saja, atau terkesan umum.

Dari sini, dapat dilihat bahwa dua album terbaik Eminem itu hanyalah Marshall Mathers LP 2 dan Eminem Show (meski ratingnya juga gak bagus2 amat)
sumber : screenshot android saya dari situs Metacritic
Selain itu, Eminem juga memiliki flow yang terkesan sama di beberapa lagu terakhir, meskipun dari segi kemampuan lirik, Eminem memang terbaik, tetapi hiphop is not about the lyric. It's also about the flow, beat, and subject matter. Dan tentu saja, message yang ada di lagu tersebut dapat tersampaikan dengan mudah dimengerti (ga hanya ngomong cepet2 doang, langsung dibilang wooh RAP GOD!!!), lagian juga jika kita berpedoman ke jawaban bro Hedrian, memang bener bahwa flow yang dibuat Eminem itu terkesan mengkombinasikan flow rapper yang terkenal, tetapi menurutku, charming point (itu istilah ngidol dari kekuatan inti) dari Eminem itu adalah di kemampuan liriknya.

Definisi 4 : orang yang besar pengaruhnya di suatu lingkungan (dalam hal ini, hip-hop)

Eminem sendiri memang memiliki pengaruh bagi rapper-rapper muda sekarang. Tetapi, jika mereka ditanyakan tentang "who's your top 10 favorite rapper?". Bisa dibilang, semua diantara mereka ga masukin Eminem di peringkat 3 besar. Pasti 3 besar itu diisi oleh Tupac, Notorious B.I.G, Jay Z, atau Nas. Eminem mungkin berada di peringkat 6-10, hal ini juga menandakan bahwa Eminem tidak memiliki pengaruh terbesar dalam dunia hip-hop, sehingga membuat dia tidak layak untuk dapat predikat "King of Hip-Hop".

Menurutku, memang Tupac dan Notorious B,I,G masih layak menjadi "King of Hip-Hop" karena pengaruhnya sangat masif bagi rapper sekarang ini, entah itu rapper generasi lama atau generasi baru. Tetapi, sayang, mereka berdua sudah meninggal. Sehingga, untuk yang masih hidup, saya akan berikan gelar "King of Hip-Hop" untuk Jay-Z dan Nas. Karena, album mereka fantastis dan masih banyak orang yang suka dengan album-album mereka, dan mereka tetap merilis album yang bagus sampai sekarang ini (abaikan Magna Charta Holy Grail-nya Jay-Z, atau waktu Jay-Z dibantai Eminem di lagu Renegade, atau juga fakta bahwa Nas sampai sekarang belum pernah menang Grammy Awards, atau Nas yang pernah bangkrut), tetapi pengaruh mereka berdua besar untuk hip-hop sekarang ini. 

Ini nih Notorious B.I.G (kiri), dan Tupac (kanan), legenda hip-hop sepanjang masa. RIP!
sumber : google
Yang ini baru Jay Z (kiri) dan Nas (kanan), pernah dulu dia bermusuhan
Sumber : thedrop.fm
Kesimpulan dari ketikan ini adalah, sesuai dengan Jawaban 1 dari bro M. Rifqi Muzakki, semuanya terserah kalian apakah mau menganggap Eminem sebagai King of Hip-Hop atau tidak. Semua orang punya pendapat masing-masing, dan inilah pendapat saya. Bagi yang ingin berkomentar atau memberikan argumen terhadap ketikan ini. Silahkan! Jangan lupa juga untuk nge-share ketikan ini jika bermanfaat!

Comments

  1. Ko kene bnyak menkaji lg..2 king hip-hop itu eminen n tupac..kalo ko ckp hip-hop tengtang flow n beat yg penting ko silap..dlam hip hop ni permainan kate2 yg no1..klu tentang soul dlm hip hop eminem n tupac jauh meninggalkan rapper lain..nk tau ape perkataan barat..susah dipercayai presiden amerika org kulit hitam tp rapper terbaik berkulit putih sbab saingan nye tupac dah tak ade..tp syg kebanyakan nye sale a soul to devil utk terkenal dan memuja setan dlm krbanyakan lg n yg paling terkenal sebitan tentang rain man yaitu gelaran utk setan..pikir pikirkn bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap orang punya preference masing2 bro.. semalem, aku sempat diskusi sama temen yg doyan hip-hop di kampus, menurut dia, tupac itu flownya sering sama di beberapa lagunya, tetapi tupac dianggap hebat, karena kecerdasannya dalam menyampaikan ide..

      tupac dan eminem memang masuk dalam top 10 of all time versi aku sih... aku bisa prediksi dalam beberapa tahun ke depan, jika kendrick lamar tetep konsisten di karya terbarunya, dia bisa ngalahin tupac

      Delete
  2. Bagi ane flow itu no 2..no 1 nya lirik. Jika kita balik ke sejarah rap tdk butuh beat yang harus bgs ketukanya..cukup dgn tetuk tangan saja..flow eminem itu adalah karakternya EM..dlm dunia rap setiap rapper itu pling susa mencari karakter ngerap..jika mreka sudah punya karakter apapun beatnya kita sudah tau siapa yang ngerap...rap itu perang kata2..kekuatan rap itu di lirik bukan di beatnya.

    ReplyDelete
  3. Bagi ane flow itu no 2..no 1 nya lirik. Jika kita balik ke sejarah rap tdk butuh beat yang harus bgs ketukanya..cukup dgn tetuk tangan saja..flow eminem itu adalah karakternya EM..dlm dunia rap setiap rapper itu pling susa mencari karakter ngerap..jika mreka sudah punya karakter apapun beatnya kita sudah tau siapa yang ngerap...rap itu perang kata2..kekuatan rap itu di lirik bukan di beatnya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih telah mengunjungi blog pribadi saya. Jika suka, jangan sungkan-sungkan lho untuk berkomentar. Salam kenal!

Popular posts from this blog

Nge-Diss dalam Hip-Hop (#PikiranGue Ep. 1)

Giveaway Buku Penjara Farhan! (Blog Competition)